Penelusuran Minat dan Bakat (PMdK) 2020/2021

 

Persyaratan Umum :
PMDK hanya untuk mereka yang saat ini duduk di Kelas 3/Kelas 12 atau belum LULUS SMA/SMK/MA sederajat
Berkelakuan baik yang ditunjukan dengan Surat Keterangan Berkelakuan Baik yang dikeluarkan oleh sekolah asal atau kepolisian Negara Republik Indonesia
Bagi peserta seleksi baru berkewarganegaraan asing, harus memenuhi seluruh persyaratan ijin belajar yang dikeluarkan Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Memenuhi persyaratan administrasi tentang prosedur pendaftaran.
Bebas buta warna total maupun parsial untuk yang memilih Program Studi Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual.
Jenis PMdK:
Jalur Akademik
Jalur Prestasi (Non Akademik)
Persyaratan Seleksi PMDK Jalur Akademik
Lulusan tahun 2020 Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Lulusan SMA jurusan IPA boleh memilih Program Studi bidang teknik, Arsitektur dan bidang desain.
Lulusan SMA jurusan IPS hanya boleh memilih Program Studi bidang desain.
Lulusan SMK boleh memilih Program Studi bidang teknik dan arsitektur yang sesuai dengan kejuruannya di SMK atau Program Studi bidang desain.
Mengikuti proses sesuai dengan tata cara pendaftaran SPMB jalur PMDK pada jadwal yang telah ditetapkan.
Peserta seleksi Program PMDK hanya dapat mengikuti satu kali proses seleksi.
Bagi yang memilih Program Studi bidang teknik, harus memiliki nilai rata-rata rapor di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk pelajaran Fisika dan Matematika dari semester 1 sampai dengan 4.
Bagi yang memilih Program Studi Arsitektur harus memiliki nilai rata-rata rapor diatas KKM untuk pelajaran Matematika dan mengirimkan 1 (satu) buah portofolio karya di Kertas A4 (gambar tangan) dengan tema gambar “Interior atau bagian dalam ruangan”.
Bagi yang memilih Program Studi Teknik Kimia, selain persyaratan butir a harus memiliki nilai rata-rata diatas KKM untuk pelajaran Kimia dari semester 1 sampai dengan 4.
Bagi yang memilih Program Studi bidang desain,

  • harus memiliki nilai rapor rata-rata di atas KKM semester 1 sampai dengan 4.
  • mengirimkan 2 (dua) gambar atau karya terbaru di kertas A4 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah dengan tema gambar sesuai Program Studi yang dipilih (Desain Interior/Desain Produk/Desain Komunikasi Visual).
  • mengirimkan 8 gambar/karya yang pernah dibuat dalam waktu 5 tahun terakhir dengan ukuran bebas.
Persyaratan Seleksi PMDK Jalur Prestasi (Non Akademik)
Peserta seleksi yang dapat diterima melalui jalur prestasi/non akademik harus memenuhi syarat yaitu mempunyai prestasi/mendapatkan penghargaan serendah-rendahnya juara 3 pada tingkat provinsi, nasional atau finalis pada tingkat internasional.
TATA CARA PENDAFTARAN
Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui laman SPMB Institut di https://sikad.itenas.ac.id/spmb/
Melalui laman khusus PMDK, calon peserta PMDK melakukan pengisisan data awal berupa nama, tempat tanggal lahir dan 1 Program Studi yang dipilih untuk mendapatkan nomor Virtual Account (VA).
Calon peserta PMDK melakukan pembayaran di Bank atau ATM melalui proses transfer dengan rekening tujuan adalah nomor VA.
Peserta seleksi mengisi formulir pendaftaran PMDK, data diri, dan mengunggah pas foto terbaru melalui laman SPMB Institut.
Peserta seleksi  mengunggah dokumen persyaratan:

  • Nilai rapor kelas X dan XI (semester 1 sampai dengan 4) yang telah dilegalisir Kepala Sekolah.
  • 1 (satu) buah portofolio karya di kertas A4 (gambar tangan) dengan tema gambar interior atau bagian dalam ruangan yang telah dilegalisir Kepala Sekolah bagi yang memilih Program Studi Arsitektur.
  • mengirimkan 2 (dua) gambar atau karya terbaru di kertas A4 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah dengan tema gambar sesuai Program Studi yang dipilih dan 8 gambar/karya yang pernah dibuat dalam waktu 5 tahun terakhir dengan ukuran bebas bagi yang memilih Program Studi bidang desain.
  • Salinan bukti sertifikat prestasi yang telah dilegalisir (dapat dilegalisir oleh pihak sekolah) bagi yang memilih jalur prestasi/non akademik dan dokumen pendukung lainnya (foto kegiatan).
  • Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi jalur PMDK.
Periode Pendaftaran PMdK Pengumuman Daftar Ulang
Periode Oktober 14 Oktober – 6 Desember 2019 20 Desember 2019 23 Desember – 17 Januari 2020
Periode Desember 7 Desember – 14 Februari 2020 28 Februari 2020 2 Maret – 20 Maret 2020
Periode Februari 15 Februari – 10 April 2020 24 April 2020 27 April – 15 Mei 2020
Need Help? Chat with us
Please accept our privacy policy first to start a conversation.